Senin, 09 September 2013

Rusia Kirim Kapal Nikolai Filchenkov ke Suriah

Rusia mengirim kapal pendarat besar Nikolai Filchenkov menuju pantai Suriah, demikian kata kantor berita Interfax mengutip satu sumber angkatan laut, Jumat.


Rusia Kirim Kapal Nikolai Filchenkov ke Suriah

"Kapal tersebut akan berlabuh di Novorossiysk untuk mengambil kargo khusus di kapal dan menuju ke daerah yang ditunjuk dinas militer di Mediterania timur," kata Interfax mengutip sumber angkatan laut yang tak disebut namanya.

Sumber tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kargo.

Rusia, sekutu internasional utama Damaskus dalam perang saudara Suriah, merotasi kapal-kapal angkatan lautnya di Mediterania dan mengatakan kehadirannya untuk menjamin keamanan.

Beberapa hari lalu Rusia mengirimkan satu kapal mata-mata ke perairan timur Mediterania di tengah rencana Amerika Serikat menyerang Suriah, tulis kantor berita Interfax pada Senin.

Kapal mata-mata bernama Priazovye itu meninggalkan pangkalan angkatan laut Rusia di pelabuhan Sevastopol, Laut Hitam Ukraina, pada Minggu malam dalam sebuah misi "untuk mengumpulkan informasi di wilayah konflik," tulis Interfax dalam satu laporan yang mengutip sumber tanpa nama.

Namun, Kementerian Luar Negeri Rusia menolak berkomentar mengenai laporan tersebut, demikian dilaporkan Reuters.

Rusia mengatakan, Amerika Serikat tidak dapat membuktikan tuduhan penggunaan gas sarin.

Negara tersebut menduga bahwa serangan senjata kimia dilakukan oleh kelompok pemberontak Suriah untuk memicu negara-negara Barat mengintervensi perang saudara yang telah berlangsung selama dua tahun.

Rusia adalah penyedia persenjataan terbesar Bashar, negara tersebut juga mempunyai fasilitas pemeliharaan peralatan angkatan laut di pelabuan Tartous, Suriah.

Moskow tidak menyetujui intervensi militer di Suriah dan melindungi Damaskus dari tekanan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Interfax menulis, Priazovye akan beroperasi secara terpisah dari unit yang secara permanen ditempatkan di laut Mediterania. Unit tersebut ditempatkan oleh Presiden Vladimir Putin sebagai perlindungan terhadap kepentingan keamanan nasional.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa beberapa kapal perang akan dikirim ke Mediterania untuk menggantikan kapal-kapal lain sesuai rencana rotasi. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...