Sabtu, 14 September 2013

China Minta Amerika Tak Bertingkah di Laut China Selatan

China memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak mendukung klaim tetangga China atas pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur. Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir ini hubungan China-Jepang memburuk secara dramatis sejak Tokyo menasionalisasi beberapa yang dinamakan Pulau Senkaku dan diklaim Beijing sebagai Diaoyu.


Tragisnya, China juga mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, termasuk perairan dekat pantai negara tetangganya, yang menyebabkan ketegangan dengan Filipina dan Vietnam.


Kehadiran Washington di Laut China Selatan karena mereka memiliki aliansi keamanan dengan Tokyo dan Manila. Amerika jelas memilih untuk berada di balik kekuatan Jepang dan Filipina.

"Amerika Serikat harus menjaga sikap dan kebijakan yang konsisten, tidak mengirim sinyal yang salah yang mendukung atau berkomplot dengan negara-negara yang bertindak atas inisiatif sendiri," seru Wang Guanzhong , seorang perwira senior Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

Ia menegaskan bahwa militer China bertekad untuk mempertahankan wilayah dan kepentingan maritim, meskipun Beijing telah melakukan pengendalian ketika menghadapi perselisihan. (JaringNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...