Jumat, 02 Agustus 2013

London Akan Diskusikan Nuklir Iran, Untuk Senjata Atau Energi?

MENTERI Luar Negeri Inggris Wlliam Hague mengusulkan satu pertemuan dengan Menlu Iran Ali Akbar Salehi untuk membuka hubungan lebih baik kedua negara, kata kementerian itu Rabu (31/7/2013).

London Akan Diskusikan Nuklir Iran, Untuk Senjata Atau Energi?
Fasilitas Nuklir Iran
 
Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi pada Rabu (31/7/2013), William Hague "mengatakan ia bersedia untuk menemui Menlu Iran selama sidang Majelis Umum PBB di New York pada September," kata satu pernyataan.

"Dia memperjelas bahwa Inggris terbuka untuk perbaikan dalam hubungan bilateral dengan Iran, langkah-demi-langkah dan berasaskan timbal balik," demikian isi pernyataan tersebut, seperti yang dilaporkan AFP.


Inggris merupakan kunci penting hubungan diplomatik dengan Iran terkait isu nuklir selama ini. Meski sempat terjadi ketegangan diplomatik terkait demonstran garis keras menyerbu kedutaannya di Teheran pada November 2011.

Namun kedua pihak telah mengindikasikan bahwa mereka mungkin terbuka untuk pemulihan hubungan sejak Hassan Rouhani, mantan perunding nuklir yang telah memperjuangkan keterlibatan dengan kekuatan dunia, terpilih sebagai Presiden Iran pada Juni lalu.

Hague juga "menegaskan perlunya kemajuan segera untuk menyelesaikan keprihatinan masyarakat internasional mengenai program nuklir Iran," kata pernyataan itu. (Pelita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...