Senin, 15 Juli 2013

Snowden simpan data paling membayakan AS

Edward Snowden memiliki data yang bisa lebih jauh merusak reputasi pemerintah Amerika Serikat namun sang buronan pembocor data intelijen ini memilih tidak menyiarkannya, kata seorang wartawan yang pertama kali memberitakan Snowden, Glenn Greenwald, seperti dikutip AFP.

Snowden simpan data paling membayakan AS

Kepada koran Argentina La Nacion, Greenwald mengatakan Snowden hanya ingin mengingatkan orang akan informasi yang seharusnya pribadi namun telah dieksploitasi dinas intelijen AS.

"Snowden punya cukup informasi yang bisa lebih jauh merusakkan pemerintah AS dalam satu menit dibandingkan dengan siapa pun yang pernah melakukannya dalam sejarah Amerika Serikat," kata dia dalam wawancara yang disiarkan Sabtu waktu setempat atau Minggu pagi WIB.


"Tapi itu bukan tujuannya," kata Greenwald, yang menerbitkan rangkaian dokumen bocoran dari Snowden di koran Inggris, Guardian.

Snowden terlunta-lunta di bandara Sheremetyevo, Moskow, setelah paspornya dicabut pemerintah AS tiga pekan sebelumnya.

Jumat lalu Snowden tiba-tiba mengumpulkan para aktivis Rusia di tempatnya demi mengutarakan keinginannya mencari suaka di Rusia hingga dia aman pergi ke Amerika Latin yang akan menjadi tempat penampungan permanennya.

Dia menarik permohonan suakanya ke Rusia awal bulan ini setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia mesti menghentikan dahulu menyiarkan dokumen yang memalukan Washington itu jika ingin menetap di Rusia.

Setelah itu Amnesti Internasional mengulangi dukungannya kepada Snowden dan mengutuk apa yang digambarkan lembaga ini sebagai peradilan AS kepada Snowden, sedangkan Human Rights Watch menuduh Washington menghalang-halangi Snowden mencari suaka dan ini melanggar hukum internasional.

Sementgara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Snowden mesti mengajukan surat permintaan suaka kepada Kantor Imigrasi Federal (FMS).

Kepala FMS Konstantin Romodanovsky, Sabtu kemarin, mengaku belum menerima apa-apa dari Snowden. Jika dia telah mengajukan permohonan suaka, kata Romodanovsky, maka Rusia akan mempertimbangkannya menurut prosedur biasa.

Washington bereaksi keras atas kemungkinan Moskow memberi penampungan untuk Snowden ini.

"Memberi platform propaganda kepada Snowden sama halnya dengan menentang deklarasi pemerintah Rusia sebelumnya mengenai netralitas Rusia," kata juru bicara Gedung Putih Jay Carney seperti dikutip AFP. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...