Selasa, 09 Juli 2013

Pakistan Dinilai Gagal Tangani Bin Laden

Sebuah laporan pemerintah yang bocor mengatakan, Pakistan tidak mampu dan lalai dalam mendeteksi keberadaan Osama bin Laden yang tinggal hampir satu dekade di negara itu.


Pakistan Dinilai Gagal Tangani Bin Laden

Versi laporan bocor yang diterima oleh stasiun televisi Al-Jazeera mengatakan bahwa pembunuhan Bin Laden oleh pasukan AS merupakan sebuah "aksi kriminal pembunuhan" yang diperintahkan oleh Presiden Barack Obama.

Laporan pemerintah juga mengungkap secara detail tentang keberadaan pemimpin Al Qaeda dan kehidupan sehari-harinya setelah dia meninggalkan Afganistan pada tahun 2001.

Bin Laden tewas dibunuh oleh pasukan AS pada bulan Mei 2011.

Kecurigaan AS terhadap lokasi Bin Laden pada saat itu sempat dimentahkan oleh Pemerintah Pakistan.

Hanya asumsi

Aksi pasukan khusus AS, Navy Seal, dalam penyergapan Osama bin Laden sempat membuat hubungan kedua negara memanas.

Tidak lama setelah aksi pasukan AS tersebut, Parlemen Pakistan meminta dibentuknya tim penyelidik independen—Komisi Abbotabad—untuk mencari tahu apakah kegagalan pemerintah dalam mendeteksi keberadaan Bin Laden karena ketidakmampuan pemerintah atau karena adanya kolusi dengan Al Qaeda.

Tim ini juga ditugaskan untuk menyelidiki kegagalan intelijen Pakistan dalam mendeteksi kegiatan CIA yang melakukan serangan di negara tersebut, yang menurut mereka telah mempermalukan rakyat Pakistan.

Laporan mengatakan bahwa intelijen Pakistan juga gagal mendeteksi kegiatan yang tidak biasa selama enam tahun Osama bin Laden bersembunyi di Abbotabad.

Kepala Komisi Abbotabad, Javed Iqbal, yang mengomentari tentang kebocoran laporan tersebut mengatakan kepada televisi Pakistan, Dunya TV, bahwa laporan yang bocor itu hanya berdasarkan asumsi dan isinya tidak termasuk di dalam 100 rekomendasi yang dibuat oleh komisi itu berdasarkan temuan yang mereka dapatkan.  (Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...