Rabu, 24 Juli 2013

Kuburan Masal Kapal Selam Jerman Ditemukan di Inggris

TIM penjelajah Inggris berhasil menemukan sebuah areal di bawah laut yang diyakini merupakan "kuburan massal" kapal selam peninggalan perang dunia pertama (WWI). Setidaknya 44 bangkai kapal selam tertimbun di kedalaman sekitar 150 meter sebelah selatan dan timur Inggris. 

Arkeolog menyelam untuk observasi
Arkeolog menyelam untuk observasi

Tim yang dipimpin arkeolog bawah laut Mark Dunkley mencatat, hanya 3 kapal selam Inggris yang ditemukan di dua areal tersebut, sementara 41 sisanya merupakan kapal selam militer atau U-Boat milik angkatan laut Jerman. Penemuan ini diharapkan mampu mengungkap misteri hilangnya ratusan kapal selam Jerman selama WWI.


"Kami hanya menyelam mendekati kapal dengan hati-hati," ucap Dunkley yang disewa sebuah badan penyelamat peninggalan sejarah asal Inggris. Untuk menemukan kapal selam sisa WWI, tim menggunakan robot khusus yang mampu menyelam ke kedalaman laut dalam.

Untuk mengungkap misteri di dalamnya, robot nantinya akan memotong beberapa lambung kapal. "Mungkin kita hanya menemukan cangkir atau beberapa tanda khusus kapal itu," ungkap Dunkley kepada harian Der Spiegel yang dikutip Daily Mail pada Selasa (23/7/2013).


Sumber : Pelita Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...