Minggu, 14 Juli 2013

Israel Tembakkan Artileri ke Suriah

MILITER Israel melaporkan mereka telah menembakkan artilerinya ke Dataran Tinggi Golan. Serangan itu menjadi serangan terakhir yang dilakukan Negeri Yahudi ke wilayah Suriah yang saat ini masih mereka duduki.

Tank Merkava Israel
Tidak ada pasukan yang terluka dan juga kerusakan. Pasukan Israel merespons tembakan artileri ke arah munculnya baku tembak," ujar militer Israel, seperti dikutip Reuters, Sabtu (13/4/2013).

Juru bicara militer Israel sampai saat ini mengaku belum mengetahui siapakah pihak yang melepaskan tembakan ke pasukan Israel, terlepas dari mereka adalah pasukan Suriah atau oposisi. Israel pun melaporkan insiden ini ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.


Israel merebut Golan dari Suriah pada Perang 1967 silam. Pada 1981, Israel pun mencamplok wilayah lainnya di dekat Golan meski mereka tidak mendapat pengakuan secara internasional.

Saat ini, Dataran Tinggi Golan resmi berada di bawah administrasi Pemerintah Israel. Sekolah dan infrastruktur Golan adalah hasil pembangunan Israel, namun banyak pula warga Golan yang masih menjadi loyalis Presiden Bashar al-Assad.

Dalam tiga bulan terakhir, Jepang dan Kroasia memutuskan untuk menarik pasukannya yang menjalani misi PBB di Golan. Austria pun berniat meninjau ulang partisipasi pasukannya dalam misi perdamaian PBB karena wilayah itu sangat rawan.

Negeri Yahudi itupun makin khawatir bila banyak negara menarik pasukan perdamaiannya. Ketidakpastian akan muncul bila Austria benar-benar menarik pasukannya di Golan. Wilayah itu secara langsung bisa menjadi seperti Gurun Sinai. (Pelita Online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...